Inilah Tips Mudah Merawat Mobil Baru Agar Performanya Tetap Oke

Seiring berjalannya waktu, performa mobil sering kali menurun karena berbagai faktor. Mulai dari kondisi cuaca yang tidak menentu, lalu lintas yang padat, dan lain sebagainya. Supaya mobil baru yang Anda beli melalui perusahaan pembiayaan Dipo Star lebih awet dan terjaga performanya, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Nah, berikut ini trik merawat mobil yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


        Tips Merawat Mobil Agar Tahan Lama


Beberapa bagian mobil harus dicek secara berkala untuk memastikan kondisinya dan menjaga keamanan selama berkendara, di antaranya adalah sebagai berikut:


·         Ganti Oli Mobil Sesuai Waktunya


Oli merupakan bagian penting dari kendaraan yang berfungsi mengurangi gesekan antar komponen, pembersih kotoran, anti karat pada mesin, pendingin, hingga peredam getaran. Melansir dari Oto.detik, oli mobil harus dicek 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km. Namun, pengecekan oli harus disesuaikan juga dengan penggunaan sehari-hari.


Untuk mobil yang kerap berada dalam kondisi macet, pengecekan oli sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km. Supaya jadwal penggantian oli mobil tidak terlewat, gunakan tanggal dan kilometer dalam catatan service sebagai patokannya.


·         Periksa Kondisi Kopling dan Rem Mobil


Selain oli, bagian kopling juga harus dicek secara berkala saat memasuki jarak 10.000 dan 50.000 km. Kampas kopling yang mulai aus akan membuat perpindahan gigi terasa berat, sehingga mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Sementara itu, untuk rem mobil diperlukan pengecekan secara rutin dan penggantian minyak rem setiap 20.000 km.


Selain mempengaruhi performa mobil, kopling dan rem juga mempengaruhi keselamatan selama berkendara. Sebab itulah, jangan lewatkan pemeriksaan kedua komponen ini meskipun mobil Anda masih baru.


·         Isi Air Radiator dengan Cairan Radiator


Seperti dilansir dari Liputan6, cairan radiator harus selalu terisi supaya mesin mobil tidak overheat. Gunakan cairan radiator atau coolant yang direkomendasikan untuk mobil Anda agar tidak merusak mesin. Kandungan anti-rust dalam cairan coolant mampu menjaga ruang radiator agar tetap awet dan bersih. Selain air radiator, pastikan pula cairan lain yang dibutuhkan oleh mobil Anda, seperti minyak rem dan power steering.


Bagian lain yang tak kalah penting dan harus dicek secara berkala adalah tabung air wiper. Jika air wiper mulai habis, gantilah dengan air bersih.


Lakukan Service di Bengkel Atau Dealer Resmi


Mobil yang dirawat secara benar akan lebih tahan lama dan performanya tidak mudah menurun. Untuk perawatan maksimal, ada baiknya Anda selalu melakukan service di bengkel atau dealer resmi yang sudah pasti memiliki tenaga berpengalaman.


Semoga dengan memerhatikan beberapa hal di atas, mobil Anda selalu dalam kondisi baik dan memiliki performa maksimal, ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post