Ternyata, Ini Penyebab Anak Tidak Lahap Makan

Semua orang tua pasti menginginkan anak-anaknya makan dengan lahap. Akan tetapi, bagaimana jika anak malas makan?  Tentunya, sebagai orang tua Anda akan khawatir ketika anak mengalami hal ini. Waktu dan tenaga sudah sengaja disisihkan untuk bisa menyajikan makanan bergizi untuk anak, dengan ekspektasi bahwa ia akan makan dengan semangat tanpa menyisakan apapun di atas piringnya. Hanya saja, kenyataan tidak selalu sesuai dengan ekspektasi.


Jika memang anak Anda tengah mengalami malas makan, yuk kenali penyebabnya agar bisa segera mencari jalan keluarnya!

·         Merasa Tertekan

 Saat tengah menemani anak makan, mungkin Anda pernah tanpa sadar menyodorkan piring, mengarahkan sendok pada mulut anak secara terus menerus, atau bahkan selalu memaksanya untuk membuka mulut. Hal tersebut tidak akan banyak membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Justru sebaliknya, anak-anak akan merasa tertekan, menarik mundur diri mereka terhadap makanan, bahkan menolak makanan yang diberikan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hindari memaksa anak jika memang sudah tidak ingin makan. Berikan distraksi, dekati perlahan-lahan, dan tunggu sampai anak ingin makan lagi. Hal ini memang membutuhkan waktu, tapi lebih ampuh dibanding memaksa anak makan.

·         Bukan Menu Pilihan

 Berikan kesempatan kepada anak untuk memilih menu yang mereka inginkan. Terkadang, anak malas makan atau kurang lahap saat menyantap sajian karena menu yang ada tidak sesuai dengan keinginannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya sesekali menanyakan apa yang diinginkan anak. Selama masih sesuai dengan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh, biarkan anak memilih menu makannya.

·         Bosan

 Ketika Anda menyajikan suatu masakan dan kebetulan disukai anak, biasanya Anda akan mengulang-ulang menu yang sama dengan harapan anak akan selalu makan dengan lahap. Padahal, anak juga bisa bosan dengan menu yang berulang. Untuk mengatasi hal ini, hindari menyajikan menu yang repetitif—selingi dengan sajian lainnya agar anak tidak cepat bosan.

·         Fokus Terganggu

Kadang kala anak tidak ingin makan karena lebih tertarik pada acara TV yang ditayangkan, suara gadget yang mengalihkan perhatian, atau mereka ingin bermain. Sebaiknya hilangkan kebiasaan makan sambil menonton TV atau main gadget agar anak bisa fokus pada makanannya.

Itu dia beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa anak malas makan dan tidak lahap. Setelah mengetahui sebab dan cara mengatasinya, semoga anak bisa kembali lahap makan, ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post